DIKLAT Jurnalistik dan Hukum


Jika tidak ada aral melintang, dalam waktu dekat  “Latihan Dasar Jurnalistik dan Hukum” akan dige-lar di Jakarta.  Demikian disampai-kan, Suhandi, Ketua pelaksana yang didampingi Jimi dan Budi Kurniawan di kantornya. Di papar-kan Suhandi, bahwa tujuan dise-lenggarakannya pelatihan dasar  jurnalistik dan hukum adalah untuk memberikan pemahaman tentang seputar dunia jurnalistik.

“Karena sejauh ini masih ba­nyak pihak yang belum mengeta­hui secara utuh, apa itu dunia jurnalistik  dan bagaimana fungsi­nya dalam alam demokrasi.  Selain itu banyak  juga orang yang ingin menuangkan karya tulisnya, atau membuat tulisan apa yang dili­hatnya namun sulit untuk dilaku­kan. Padahal menulis itu bukan sesuatu yang sulit dan menakut­kan,” jelas Andi, panggilan akrab pria ini kepada  kasusku.com.

Disebutkan Andi, acara pela­tihan dasar jurnalistik dan hukum, rencananya akan diselenggarakan di Jakarta selama 3 hari. Acara ini diselenggarakan dan digagas oleh 4 media massa dan satu media online, yaitu koran Pro Konsumen, majalah Fakta dan Keadilan, tabloid Entitas Hukum  Indonesia  dan media online  Kasusku.com.
“Intinya kami ingin memberi­kan sesuatu yang bermanfaat, ter­utama dunia jurnalistik atau ke­war­tawanan. 

Di samping itu, rambu-rambu hukum yang harus dipegang oleh seorang wartawan pun kami berikan pengenalannya sehingga ketika terjun menekuni dunia kewartawanan tidak lagi gagap dalam menghadapi nara sumber sehingga me­nuang­kan berita apa pun yang di dapat sudah memenuhi kriteria jurnalistik dan hukum,” papar Budi Kurniawan salah satu pembicara dari Pro Konsumen. Sejauh ini, baik Andi, atau pun Jimi belum menentukan tanggal pelak­sanaan. ”Ya  Desember  minggu ketiga, tapi fiksnya Januari 2013. Tapi persiapannya dari sekarang,” jelas Andi.

Sedangkan Jimi, selaku humas menya­takan, dengan penyelenggaraan tersebut diharapkan masyarakat atau orang yang selama ini berminat menjadi penulis atau terjun ke dunia jurnalistik bisa menyalurkan bakatnya lebih serius. “Meski tidak seratus persen menjadi wartawan, tapi setidaknya mengerti pakem dan dasar-dasar dunia jurnalistik  yaitu bagaimana menulis yang be­nar dan rambu hukum yang harus dipatu­hinya,” ungkap Jimi. Bagi yang berminat bisa menghubungi dirinya di nomor. (cam)

0 komentar:

Poskan Komentar