LELANG BERDASARKAN PASAL 6 UUHT “BATAL DEMI HUKUM”

MOCH. ANSORY
Direktur Eksekutive LPK KOMNAS PK-PU INDONESIA
Direktur Eksekutif
ENTITAS HUKUM INDONESIA

     MALANG 16 Pebruari 2013 Menurut Direktur Eksekutive LPK KOMNAS PK-PU INDONESIA (MOCH. ANSORY) Eksekusi jaminan Hak Tanggungan merupakan langkah terakhir yang dilakukan kreditor selaku penerima Hak Tanggungan apabila debitor selaku pemberi Hak Tanggungan cidera janji melalui Pasal 6 UU No.4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan atas Tanah serta Benda-benda yang Berkaitan dengan Tanah. 
     Menurut ketentuan dalam Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan tersebut dinyatakan apabila debitor wanprestasi (cidera janji), maka pemegang Hak Tanggungan mempunyai hak untuk menjual obyek hak Tanggungan atas kekuasan sendiri melalui pelelangan umum serta mengambil pelunasan piutangnya dari hasil penjualan tersebut. 
     Pelaksaan lelang melalui Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan yang  tanpa melalui pertolongan hakim ataupun tanpa fiat eksekusi dari pengadilan. Secara teoritis pasal tersebut terkendala dengan Pasal 26 Undang-Undang Hak Tanggungan.
      Pelaksanaan lelang eksekusi obyek Hak Tanggungan berdasarkan ketentuan Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggngan di KPKNL diseluruh Indonesia dalam praktek berpedoman pada ketentuan Undang-Undang Hak Tanggugan dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan lelang eksekusi berdasarkan ketentuan Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan dan penyelesaiannya, berakibat  Sangat merugikan dan Menyengsarakan Masyarakat Indonesia khususnya yang sedang mengalami problem ekonominya yang terganggu (kurang beruntung). 
     Moch. Ansory menjelaskan Selama belum ada peraturan perundang-undangan yang mengaturnya, dengan memperhatikan ketentuan dalam Pasal 14 UUHT, peraturan mengenai eksekusi hypotheek yang ada pada mulai berlakunya undang-undang ini, berlaku terhadap eksekusi hak tanggungan.
     Sehingga untuk “sementara” sebelum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur eksekusi Hak Tanggungan, maka eksekusi Hak Tanggungan didasarkan pada ketentuan Pasal 224 HIR. 
  Merujuk Sikap Tegas pengadilan dalam hal ini Mahkamah Agung (MA), Pengadilan tidak membenarkan penjualan objek hipotik oleh kreditur melalui lelang tanpa ada fiat dari pengadilan negeri setempat. Putusan MA No. 3021 K/Pdt/1984 tertanggal 30 Januari 1984 Dalam putusan ini  MA menyatakan berdasarkan Pasal 224 HIR pelaksanaan lelang akibat grosse akte hipotik yang memakai irah-irah seharusnya dilaksanakan atas perintah ketua pengadilan negeri.
    Pemerintah menjawab pertanyaan dan  kerisauan kalangan perbankan melalui pengesahan  Undang-Undang No. 4  Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan atas Tanah Beserta Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah.
    Berdasarkan aturan ini jika debitur wanprestasi, maka objek hak tanggungan dijual melalui pelelangan umum untuk pelunasan piutang pemegang hak tanggungan dengan hak mendahului kreditur lain. 
     Jadi, melaksanakan eksekusi hak tanggungan bisa batal demi hukum apabila tidak memenuhi syarat.     
    Pertama, penjualan objek hak tanggungan bisa dilakukan di bawah tangan berdasarkan kesepakatan  pemberi dan pemegang hak tanggungan.
     Kedua, penjualan hanya dapat dilakukan setelah lewat satu bulan sejak pemberitahuan oleh pemberi atau  pemegang hak tanggungan kepada pihakpihak berkepentingan. Pemberitahuan juga harus ditambahkan pengumuman minimal di dua media massa. Ketiga, tidak ada pihak yang keberatan.  Persoalannya, debitur tak selamanya  menerima begitu saja eksekusi.
     Debitur melakukan perlawanan. Jika perlawanan ini diterima,  pengadilan akan memprosesnya sebagai perkara biasa. Hal ini akan menyita waktu, tenaga dan biaya bagi perbankan. Kalau UU Hak Tanggungan tetap  tak menjawab kerisauan kalangan perbankan, perlu adanya pengajuan judicial review ke Mahkamah Konstitusi. 
     Berdasarkan Pasal 6 UU Hak Tanggungan, jika debitur cedera janji atau wanprestasi, pemegang hak tanggungan  pertama mempunyai hak untuk menjual objek hak tanggungan atas kekuasaan sendiri melalui pelelangan umum. Pelunasan piutang diambil dari hasil lelang. Inilah yang lazim disebut parate eksekusi. Rumusan ini  berasal dari Pasal 1178 ayat (2) KUH Perdata.
     Merujuk rumusan Pasal 6 UUHT, proses  eksekusi dilakukan tanpa campur tangan atau melalui pengadilan. Dengan kata lain, tak perlu meminta fiat Inilah yang dalam praktik bisa  membingungkan. Memang, sebagian besar ketua pengadilan menganut prinsip eksekusi harus melalui fiat ketua pengadilan, yang berarti mengesampingkan rumusan Pasal 6 UUHT Tetapi, tetap saja sering timbul hambatan dan persoalan hukum di lapangan.
     Salah satu penyebab adalah putusan MA No. 3021/K/Pdt/1984 tertanggal 30 Januari 1984 yang menyatakan parate eksekusi  yang dilakukan  dengan meminta persetujuan ketua pengadilan negeri meskipun didasarkan Pasal 1178 ayat (2) KUH Perdata adalah perbuatan melawan hukum dan  lelang yang dilakukan menjadi batal. 
     Apabila rasio pertimbangan MA dalam putusan tadi diikuti, maka fungsi dari janji untuk menjual  atas kekuasaan sendiri (yang menyangkut hak tanggungan menurut Pasal 6 jo Pasal 11 ayat (2) huruf  e UU Hak Tanggungan) menjadi kehilangan makna. Sebab, ciri pokok dari parate eksekusi berdasarkan janji untuk menjual atas kekuasaan sendiri adalah eksekusi dilakukan tanpa fiat ketua pengadilan. Kalau tetap harus ada fiat, parate eksekusi sama saja dengan eksekusi pada grosse akte hipotik dan surat utang yang mempunya titel eksekutorial.  Telah terjadi pergeseran pengertian parate eksekusi menurut doktrin.
    Namun pelaksanaan eksekusi objek hak tanggungan yang masih memerlukan fiat ketua pengadilan bukanlah merujuk  pada putusan MA tadi, melainkan tersirat dari Pasal 26 UU Hak  Tanggungan dan penjelasannya.
     Sertifikat Hak Tanggungan memuat irah-irah dengan kata-kata "DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG YAHA ESA",dengan demikian sertipikat hak  tanggungan mempunyai kekuatan eksekutorial yang sama dengan  putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap melalui tata cara dan menggunakan lembaga parate eksekusi sesuai dengan peraturan Hukum Acara Perdata Indonesia. Eksekusi Hak Tanggungan berdasarkan Pasal 20 Ayat (1) huruf b Jo Pasal 14 Undang-undang Hak Tanggungan ini memerlukan campur tangan pengadilan. Hal ini disebabkan karena masih adanya pandangan bahwa pelaksanaan eksekusi berdasarkan Pasal 6 jo Pasal 11 Ayat (2) huruf e tetap memerlukan ijin/fiat eksekusi pengadilan.
     Menurut Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 23/12/BPPP tanggal 28 Pebruari 1991, upaya-upaya penyelamatan kredit yang dapat dilakukan oleh bank adalah sebagai berikut : a) Penjadwalan kembali (Rescheduling), yaitu dengan melakukan perubahan syarat-syarat perjanjian kredit yang berhubungan dengan jadwal pembayaran kembali kredit  atau jangka waktu kredit, termasuk grade period atau masa tenggang, baik termasuk perubahan besarnya jumlah angsuran atau tidak.
     b) Persyaratan kembali (Reconditioning), dengan melakukan perubahan atas sebagian atau seluruh syarat-syarat perjanjian kredit, yang tidak hanya terbatas pada perubahan jadwal angsuran dan atau jangka waktu kredit saja. Namun perubahan tersebut tanpa memberikan tambahan kredit atau tanpa melakukan konversi  atas seluruh atau sebagian dari kredit menjadi perusahaan.
     c) Penataan kembali (Restructuring) yaitu suatu upaya dari bank yang berupa melakukan perubahan-perubahan syarat-syarat perjanjian kredit yang berupa pemberian tambahan kredit, atau melakukan konversi atas seluruh atau sebagian dari kredit menjadi  equity perusahaan, yang dilakukan dengan atau tanpa Rescheduling dan atas Reconditioning.
   Pada akhir Penjelasannya Direktur Eksekutive KOMNAS PK-PU INDONESIA menghimbau, Masyarakat yang assetnya dilelang tanpa Fiat Ketua Pengadilan disarankan melakukan upaya hokum Perlawanan di Pengadilan Negeri dimana domisili Bank (Tergugat) berkantor (Ansory. Red).

55 komentar:

  1. luar biasa, ENTITAS HUKUM "BERANI DAN TERPERCAYA".........

    BERANTAS KORUPSI DAN "BEBASKAN RAKYAT DARI HUTANG KORBAN KETIDAK PASTIAN HUKUM" (ANSORY)

    BalasHapus
  2. RAKYAT MENJERIT, MENANGIS TERUSIR DARI RUMAHNYA HANYA KARENA KEBIJAKAN MENTERI KEUANGAN (PETUNJUK PELAKSANAAN LELANG) YANG DISALAH ARTIKAN OLEH KPKLN DISELURUH INDONESIA, SIAPA YANG KITA SALAHKAN ? MENTERI ATAU PETUGAS-PETUGAS KPKLN, DIMOHON MENTERI KEUANGAN TURUN KEBAWAH UNTUK MELURUSKAN KHUSUS MASALAH LELANG YANG TANPA FIAT KETUA PENGADILAN, KEPASTIAN HUKUM SANGAT DIRINDUKAN OLEH MASYARAKAT YANG TERDHOLIMI, TIDAKKAH MENTERI KEUANGAN ATAU PETUGAS-PETUGAS KPKLN APABILA SALAH DALAM MENJALANKAN TUGAS-TUGASNYA AKAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN DIAKHIRAT NANTI ??? SALAM..............................................................(ANSORY).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sejahtera buat teman2 di Komnas PK-PU .smoga dalam keadaan sehat-kami sangat merindukan jawaban dari Komnas PK-PU Indonesia atas kesewenang wenang PT Bank2 dan KPKPNL di seluruh Indonesia yang secara sepihak melelang obyek jaminan debitur,padahal negara aja punya hutang luar negeri'sampai triliunan dolar,kok bisa diperpanjang,kenapa kita sama-sama bangsa indonesia dijanjah sendiri oleh perbankan di dalam negeri sendiri.serta dilelang sangat rendah harganya.padahal bank2 di Indonesia tidak bangkrut kok?

      Hapus
    2. Salam sejahtera bapak ketua KOMNS PK-PU Indonesia seperti yang bapak sarankan di rubrik ini ,saya juga menjadi korban UUHT 1996 pasal 6 obyek kami dilelang spihak oleh PT BRI Mataram dan KPKNL Mataram tanpa melalui Ketua Pengadilan Negeri Mataram NTB' tanggal 10 Desember 2010 . Sedang tanggal 10 Desember kami mau membayar tunggakan kami ke Bank waktu itu kami mau menutupi semua tunggakan angsuran ,kami bawkan uang 50 jta ke bagian kreditnya namun disarankan buat rekening Britama ,namun obyek kami dilelang juga oleh BRI dan KPKNL.tanggal 28 Desember 2010 dan saya pemilik obyek melakukan perlawanan terhadap anmaning ketua panitra PN Mataram bukan ketua pengadilan yang menandatangi anmaning tsb, dan kami dikalahkan di PN Mataram dan sedang menempuh upaya banding di PT Mataram dan blum ada putusan dari PT Mataram namun eksekusi tetap dilaksakan oleh ketua Panitra pengadilan Negeri Mataram ,yang mau kami tanyakan apakah sah eksekusi tersebut eksekusinya tanggal 10 oktober 2013 ataas permintaan pemenang lelang , dan apa upaya hukum kami lagi pak? Mhon pejelasan dari bapak trimakasi banyak

      Hapus
  3. Ass, Wr, Wb.
    Kepada Yth. Bapak Pimpinan Redaksi
    ENTITAS HUKUM INDONESIA
    DI
    MALANG

    Dengan Hormat,
    Dalam Rangka ikut Berpartisipasi Mencerdaskan bangsa, apabila diperkenankan dalam kolom komentar ini dapatnya diberdayakan dan dibuka dialok interaktif antar Masyarakat Khusus terkait " UNDANG-UNDANG HAK TANGGUNGAN YANG BELUM ADA PERATURAN PEMERINTAH (PP) NYA" Tetapi KPKNL Tetap melelang sehingga Banyak Masyarakat Yang dirugikan, akibatnya Ketua Pengadilan Mengabulkan Permohonan Eksekusi dari Bank dan Pemenang lelang atas dasar Risalah Lelang dari KPKNL walaupun sudah ada Putusan MA No. 3021/K/Pdt/1984 tertanggal 30 Januari 1984 yang menyatakan parate eksekusi yang dilakukan dengan meminta persetujuan ketua pengadilan negeri meskipun didasarkan Pasal 1178 ayat (2) KUH Perdata "adalah perbuatan melawan hukum dan lelang yang dilakukan menjadi batal"

    Harapan kami dengan dibukanya Ruang diskusi disini, agar Para Pakar Lintas Ilmu, Akademisi, Tokoh Masyarakat dan Pemerintah terkait dapat memberikan Saran dan Pendapatnya agar tercipta "KEPASTIAN HUKUM" Di Negeri tercinta ini, atas perkenannya kami Haturkan Terima kasih yang tak terhingga dan untuk Saudara-saudaraku yang punya Problim khususnya Tentang Pelelangan yang tanpa Fiat Ketua Pengadilan dapat mempertahankan haknya dengan berdialok di Rubrik ini, Salam.................(Ansory). .



    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pak agar masyarakat menjadi konsumen yang cerdas

      Hapus
  4. terimakasih atas PARTISIPASI DARI KAWAN-KAWAN kami terima semua masukan positif, semoga kedepanya kita bisa bekerja sama . . .terutama untuk indonesia yang lebih baik kedepannya . . . . salam perjuangan . . . .

    BalasHapus
  5. salam perjuangan buat kawan-kawan PK-PU . . .

    BalasHapus
  6. saya memiliki kpr cimb niaga yang sudah berjalan kurang lebih 3 tahun dengan masa angsuran 10 tahun… akibat saya kena PHK angsuran tersebut tdk bisa saya penuhi semuanya dlm arti yg seharusnya saya setor 2.000.000-2.400.000/bulan, beberapa bulan terakhir saya hanya sanggup membayar antara 1.500.000-2.000.000 saya sudah beberapa kali dikirimi surat peringatan penyemprotan dan somasi dan beberapa kali juga saya memohon untuk perpanjangan waktu (re shedule) atau keringanan tetapi selalu ditolak pihak bank tesebut… terakhir menurut pihak bank total tunggakan saya beserta bunga+denda Rp.15.000.000,- dan pihak bank tdk bisa memberikan waktu lagi kepada saya untuk mengangsur tunggakan tersebut dan bulan depan (januari 2013) rumah saya akan dilelang padahal tiap bulan saya masih rutin membayar walaupun memang tdk penuh sesuai angsuran… yg ingin saya tanyakan adalah:
    1. apakah memang kebijakan bank tidak memungkinkan memberi waktu kepada nasabah untuk mencicil tunggakan tsb?
    2. apakah proses lelang itu bisa dilakukan tanpa persetujuan nasabah yg notabene masih memiliki niat mengangsur dengan meminta perpanjangan waktu kredit?
    3. adakah dasar hukum/UUD yg mengatur tentang syarat2 bank melakukan pelelangan rumah KPR seperti yg saya alami?

    mohon jawabannya karena saya sangat membutuhkan jawaban terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sejahtera Tomil maidah nasib kita sama obyek jaminan kami sudah dilelang oleh PT Bank BRI dan KPKPNL Mataram tgl 28 desember 2010.tanpa melalui ketua Pengadilan negeri setempat,padahal kontrak kprnya berakhir 2017.

      Hapus
  7. Asallamuallaikum Wr,Wb,S'moga kita Smua ada dlam lindungan allah swt.amin ya allah ya rabal alamin...
    Sehubungan dgn Membahas Eksekusi Hak tanggungan,Pada hakekatnya yang [d̲̅i̲̅] jaminkan dari suatu perjanjian hutang piutang adalah (tanah dan bangunanya)dan Βΰkǻπ Sertifikatnya (Biasanya SHM),melalui suatu lembaga penjaminan yang dikenal dengan Nama Hak tanggungan karena setelah sertifikat Hak tanggungan dikeluarkan oleh BPN maka sertifikat Hak atas Tanah yang telah [d̲̅i̲̅] bubuhi Catatan pembebanan Hak tanggungan akan dikembalikan pada pemiliknya (Pemberi Hak tanggungan/Debitur) dan (kreditur Penerima Hak tanggungan) akan menerima sertifikat Hak tanggungan.
    Namun pada prakiknya,Sertifikat Hak atas tanah dan dokumen asli pemberian jaminan ini akan disimpan dalam penguasaan kreditur,dan debitur hanya menyimpan salinanya saja.ketika debitur terjadi wanprestasi maka pemegang hak tanggungan mempunyai hak untuk menjual obyek hak tanggungan.hal ini didasarkan pada ketentuan yang diatur dalam pasal 6 jo.pasal 20 ayat (1) huruf a uu no.4 th 1996 tentang hak tanggungan (uuht).akan tetapi kami berasumsi agar anda melihat klausula nya terlebih dahulu,karena syarat syah nya perjanjian harus ada "syarat obyektif"agar mempunyai kekuatan hukum yg mana [d̲̅i̲̅] atur dalam pasal 1320 kuhperdata.demikian sejauh ini yang saya ketahui,semoga bermanfaat

    From » gery permana
    Lpk_sm ("lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat") dan selaku pers "sergap"

    BalasHapus
  8. Apakah Anda pernah mencari bantuan keuangan mendesak? Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan hutang yang ada? Anda mencari bisnis rumah dan pinjaman pribadi, hubungi kami sekarang dengan info di bawah ini.

    Nama Anda:
    negara:
    Jumlah Pinjaman:
    durasi:
    pekerjaan:
    Tujuan dari pinjaman?
    Nomor Telepon:

    Catatan: Semua tanggapan harus maju Hubungi kami sekarang melalui: anitacharlesloancompany@gmail.com Terima kasih sudah datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arief cahyadi,indonesia,250,000,000. 2 tahun, kontraktor quarry,pembeliaan quarry, 082243398011

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. Halo Setiap Satu, nama saya Dwiokta Septiani dari Indonesia, aku cepat-cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya ingin meluncur kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman dan pinjaman genue nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internt, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, isurance, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan nomor scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka sehingga saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari genue pemberi pinjaman kredit online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi seorang teman saya yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia bercerita tentang seorang wanita yang disebut Mrs Anita Charles yang merupakan CEO dari Anita Charles Pinjaman Perusahaan. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp430,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, Tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang tersebut untuk membangun usaha dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dibuat tentang pengalihan pinjaman dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan mimpi datang melalui saya. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan pinjaman genue dengan cepat menghubungi dia sekarang email di anitacharlesloancompany@gmail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan hal ini. Saya berdoa agar Tuhan akan memberkatinya untuk hal-hal baik yang dia telah lakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di septianidwiokta@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa betul mbk,mohhon penjelasannya

      Hapus
  10. Buen Día,
    Yo soy un inversor privado. Proporcionar garantizados y no garantizados préstamo de garantía
    Hombres y mujeres de negocios en las transacciones comerciales, coche
    compra, préstamo de adquisición de vivienda y otros préstamos personales, etc damos
    préstamo a largo plazo de cinco a cincuenta años como máximo con una tasa de interés del 3% en este caso
    También puede averiguar cuánto necesita para que usted envíe
    términos y condiciones si están realmente interesados en obtener un préstamo
    nosotros, en contacto con nosotros por correo electrónico; poetjonesfinancialservices@gmail.com
    Mr.Allen Smith

    BalasHapus
  11. Alamat Kantor Nasional - GPS Swindon Nationwide Building Society Nationwide Blok D Street SN12 Inggris TN / Postal Code Geographic Hanya: SN10 1B2
    Sir / Madam,
    Penawaran nasional aman dan pinjaman pribadi tanpa jaminan kepada pelanggan untuk tujuan apapun memulai bisnis baru, individu dan bisnis. Pinjaman kami diasuransikan Juga untuk keamanan maksimum dan itu adalah transfer online. pinjaman 10,000.00 euro untuk 20.000.000,00 euro dengan bunga 2%, pinjaman dilunasi dalam jangka waktu antara 1 dan 20 tahun, pinjaman yang tersedia untuk tujuan apapun mengisi ruang untuk mencari nama lengkap: ____________ Alamat: _____________ Jumlah Pinjaman: ____________ pinjaman Durasi : ___________ Telepon: __________. Informasi lebih lanjut tentang pinjaman Nationwide akan dikirim kepada Anda setelah kami menerima aplikasi pinjaman Anda. Nationwide Building Society merangkul Kode Lending.
    Aplikasi pinjaman Anda sangat dihargai.
    Charles O. Staf Akuntan ______________________________ _____ Email: anitacharlesloancompany@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf,apakah benar? Mohon jawabannya

      Hapus
  12. Nama saya Dwiokta Septiani, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Anita CEO Badan Anita Charles Pinjaman Kualitas. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 430 juta dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 430 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com.. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di septianidwiokta@gmail.com untuk info lebih lanjut.

    BalasHapus
  13. Adakah pinjaman seperti itu terus seandainya kita gak bisa bayar alias bangkrut gi mana

    BalasHapus
  14. trimakasih sodaraku telah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat untuk masyarakat indonesia yang banyak di rugikan oleh masalah tersebut. saran saya alangkah indah dan bermanfaat apabila PKPU dan temen2 yang peduli dengan penderitaan masyarakat bawah ini yok kita mendirikan lembaga ataupun PKPU yg sudah ada di kibarkan sayapnya dan disosialisasikan secara masif agar rakyat tau dimana harus meminta perlindungan, dan rakyat tau bahwa masih ada anak bangda yang pedulu dengan penindasan di negeri sendiri. seperti logika dalam tulisan tadi bahwa Negara Indonesia saja punya hutang trilliunan selalu ada solusi dan bisa di roll over maupun bisa di perpanjang, kenapa di negeri sendiri perlakuannya lebih kejam dari perlakuan negara lain kepada rakyat indonesia.... toloong bapak2 petinggi negeri ini peduli dan serius untuk membantu rakyat kita yang tak berdaya menghadapi perlakuan miris di negeri sendiri.... trimakasih PKPU dan sodaraku yang peduli

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  18. Saya mau bertanya, keluarga saya mempunyai pinjaman uang ke bank swasta p**d* dg jaminan sertifikat rumah. Pihak pertama yang menandatangani surat perjanjian adalah ayah saya & ayah saya sudah hampir 2th pergi entah kemana meninggalkan keluarga n melimpahkan utang2nya ke keluarga, awalnya saya sendiri yg membayar tp sudah hampir 6bln ini saya sudah tidak sanggup mengangsur ansuran dari pihak bank. Dan sudah beberapa kali pihak bank mengancam kalau rumah akan segera di lelang dengan harga murah supaya segera cepat selesai urusannya. Saya bingung penyelesaiannya gimana, apakah bisa rumah dilelang bank tanpa ada pihak pertama (ayah saya) apakah bisa pihak bank melelang tanpa ada sidang pengadilan? Please respond pertanyaan saya ke email sandytirtayasa16@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  19. Bisakah hutang seseorang di bank yg sdh slh gunakn sertifikat kami dan berganti namanya..kabur hingga kini. kami hnya ada urusan pribadi hutang uang 5jt dlm sethn kami hrs byr,tp karna suatu persyaratan pinjam meminjam pdnya..kami dipertemukn dan serahkn sertifikat dll dihdapan notarisnya dgn dalih formalitas sj, dan kami terpaksa karna butuh dan merasa hnya satu thn sj kami bs menebusnya,ternyata berlarut-larutnya urusannya,diketahui sertifikat kami sdh di bankkn,dan berganti namanya,singkat kata setlh kejujurannya dan sempat memberi surat kuasa yg di ttdnya..kabur..Surat kuasa utk bs selesaikn dan mengambil sertifikat kami...Pihak bank blng hrs ybs,ttp sekian lama kasus ini berlarut-larut pihak bank jg tdk ada usaha dan mencarinya..Kami berusaha utk sertifikat itu..karna ini satu-satu tmp berharga dr orgtua..kami bersedia membyrkn htng si nasabah yg kabur td..meski dgn cara berhutang jg..mhn solusinya..

    BalasHapus
  20. Halo,
    Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
     Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
    Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
    Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
     Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  21. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  22. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  23. sore pak. saya punya masalah dengan bank, rumah saya akan dilelang karena tidak bisa membayar. bank menyuruh saya mencatat dengan pemberitahuan dan saya menulis. dengan kata dengan kebijakan saya melakukan atau meminjam kepda saudara untuk melunasi dan jika masih blm ada, saya akan mengusahakan dan minta kebijaknnya. stlh itu saya tetp tidak bs untuk meminjam dan mengansur. sekarang rumah sya akn diberikan semprot dan akan dilelang. bagaimana saya harua membela sedangkan usaha sya ajah tidak ada. mohon berikan kekuatan atas untuk membela saya kepada perbank kan. saya mohon dibimbing. salam NKRI (Aji Cirebon)

    BalasHapus
  24. sore pak. saya punya masalah dengan bank, rumah saya akan dilelang karena tidak bisa membayar. bank menyuruh saya mencatat dengan pemberitahuan dan saya menulis. dengan kata dengan kebijakan saya melakukan atau meminjam kepda saudara untuk melunasi dan jika masih blm ada, saya akan mengusahakan dan minta kebijaknnya. stlh itu saya tetp tidak bs untuk meminjam dan mengansur. sekarang rumah sya akn diberikan semprot dan akan dilelang. bagaimana saya harua membela sedangkan usaha sya ajah tidak ada. mohon berikan kekuatan atas untuk membela saya kepada perbank kan. saya mohon dibimbing. salam NKRI (Aji Cirebon)

    BalasHapus
  25. Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Mencari lagi karena tujuan kami adalah semua tentang kebebasan finansial dan masyarakat yang stabil. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    BalasHapus
  26. yang terbaik pikir dulu untung rugi dan kemampuan pinjam di Bank.semua keputusan ada resikoNya. Kalau dilelang pemilik rugi. kalau tidak dilelang bank rugi.

    BalasHapus
  27. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  28. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  29. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  30. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus

  31. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com
    dangotegrouploan.wordpress.com

    BalasHapus
  32. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  33. Halo semua,

    Saya Mrs Susan menderita kelaparan, saya menulis surat ini dari kesaksian karena saya sangat berterima kasih atas apa yang Mrs Clara Morgan lakukan untuk saya dan keluarga saya, ketika saya pikir tidak ada harapan lagi dia datang dan membuat keluarga saya merasa hidup kembali dengan memimpin kami pinjaman bunga rendah dari 2% saya tidak pernah berpikir bahwa masih ada pemberi pinjaman asli di Internet tapi saya sangat mengejutkan saya mendapat pinjaman saya tanpa membuang banyak waktu, jadi jika Anda di luar sana mencari pinjaman untuk alasan keuangan di semua maka saya akan saran Anda untuk email Mrs Clara Morgan di VIA: {clara_morgan@outlook.com} untuk Info lebih tENTANG TRANSAKSI

    SAYA BERHARAP YANG TERBAIK UNTUKMU

    Salam Hormat
    Ibu Susan menderita kelaparan

    BalasHapus
  34. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  35. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  36. Malah jd kolom pemberi hutang

    BalasHapus
  37. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  38. rumah saya di lelang bang mega, sehari sebelum lelang, saya ke bang mega ingin membayar tapi tidak di terima, esok hari nya tau tau rumah sudah di lelang, tanpa ada surat dari pengadilan dahulu, apakah itu bisa di gugat?

    BalasHapus
  39. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  40. Kabar baik.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    BalasHapus
  41. Halo, nama saya Angela Wilson, saya korban penipuan di tangan

    kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar Rp25.000.000

    karena saya butuh modal besar Rp150,000,000. i hampir mati, saya

    tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam

    proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini

    terjadi lagi. pada bulan Januari 2017, saya bertemu dengan

    seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs

    Teresa Pedro, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan

    pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin

    menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan

    semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan

    kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada

    banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman,

    dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui

    Mrs Teresa Pedro melalui email: teresapedro200@gmail.com. Anda

    juga dapat menghubungi saya melalui email ini:

    wilsonangela008@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. silahkan

    dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat

    dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  42. Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
    hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. Assalamu'alaikum, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islamic asli saya menemukan online untuk semua saudara muslim yang mencari pinjaman cepat dan cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak. Mereka adalah Islam serikat kredit internasional adalah lembaga pemberi pinjaman internasional asli. Saya mendapat pinjaman dari mereka tahun lalu. Saya tahu bahwa ada pinjaman dari penipu pinjaman online. Tetapi saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga sudah pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka actaully asli. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam. Suku bunga bebas. Tidak ada pembayaran dimuka atau biaya lainnya. Tapi Anda harus dapat memberikan jaminan kepada mereka bahwa Anda akan membayar kembali pinjaman. Itu semua yang mereka butuhkan dari Anda. pinjaman mereka adalah 100% gratis. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka. email mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    BalasHapus
  44. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  45. Asslamualaikum Wr Wb

    Perkenalkan saya Zaenal Jaenudin, S.Ag (40th) tinggal di Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Indonesia.

    Saat ini saya berprofesi sebagai guru di SMP dan SMA termasuk Pesantren di daerah Cipondoh mata pelajaran Bahasa Inggris dan Arab.

    Saya selalu bermimpi memiliki rumah sejak 10 tahun lalu (2007) tapi tidak pernah kesampaian, sejak ini. Hal itu dikarenakan gaji sebagai guru tidak pernah mencukupi untuk membeli rumah baik secara kredit/KPR apalagi cash.

    Beban hidup semakin hari semakin berat dengan harga sembako dan itu berdampak dengan biaya hidup kelaurga saya dengan 3 anak dan 1 istri. Sementara itu anak pertama saya sudah masuk pesantren tahfidz di Cipondoh yang biaya pastinya bertambah.Jikapun saya pernah berusaha membuka usaha dengan istri dimulai jualan bakso, pempek dan es cappucion hingga kriuk. Namun semua belum ada hasil yang bisa menutupi mimpi saya membeli rumah.Maka,doa saya tiap waktu dalam keheningan agar kebaikan saya bisa membuka kesusahan orang setiap saat dengan meyakini kebaikan dapat menjawab harapan saya dan keluarga saya.

    Allah menggunakan pinjaman organisasi yang disebut kiva untuk menjawab doa saya dan impian saya datang ke kenyataan. Adik saya mengarahkan saya untuk mereka. Dia juga telah mendapatkan pinjaman dari kiva. Saya sangat senang bahwa saya mendapat pinjaman. Aku sudah mulai bangunan bulan ini. Saya juga telah diberikan istri saya beberapa uang untuk memulai bisnis. Kiva adalah satu-satunya asli online pinjaman internasional organisasi yang saya tahu. Banyak yang lain adalah palsu. Saya ingin menyarankan orang yang sangat membutuhkan pinjaman untuk menghubungi mereka di (info.kivafunding@gmail.com)

    Wassalamualaikum Wr. Wb

    BalasHapus
  46. Halo semua,
    Nama saya nur syarah dari kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda aku diterapkan untuk pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu orang yang tepat, tapi aku tidak.

    Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan untuk pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Margaret pedro, pedro CEO Margaret perusahaan pinjaman, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

    jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi
    Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

    sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  47. menawarkan pinjaman antara individu-individu yang serius dan jujur

    Hello Sir / Madam
    Saya menyebut Mrs. Daniela Peter, seorang wanita bisnis pensiunan.
    Saya adalah khusus yang menawarkan pinjaman uang tunai untuk siapa saja yang tertarik activités.Mais ini terlihat untuk menghidupkan kembali karena banyak orang yang sedang mencari pembiayaan untuk memulai kembali kegiatan mereka yang saya membayar untuk uang di tujuan dibantu untuk fatisfation kebutuhan leuers, dan hanya memiliki tingkat 2% dan yang vaulaient membayar saya, saya stopers untuk membuat pinjaman antara teman-teman beberapa particuliers.Mais menyarankan saya untuk memulai pinjaman karena ada terlalu banyak penipuan di kredit menawarkan antara tertentu hari ini dan juga mempublikasikan di anarqueures keutuhan situs dan telah kembali ke ladang mereka mereka con saja.
       Jadi setelah saran ini dan selalu dengan tujuan membantu semua orang penduduk di negeri ini, saya mengatakan banyak di negara kita, karena saya tidak pernah meminjamkan uang saya kepada orang-orang yang tinggal di negara-negara lain.
    tawaran saya bervariasi dari 1000 ke 1000000000 Rupiah kepada siapa pun saat ini serius dan jujur, aku berkata sangat serius dan makhluk jujur ​​dalam kebutuhan yang sebenarnya, tingkat bunga adalah 2% selama jangka waktu pembayaran. Saya tersedia untuk memenuhi klien saya hingga 24 melihat 2 hari setelah menerima aplikasi Anda.
    Jika Anda tertarik silakan tinggalkan permintaan Anda sebagai berikut:
    Nama ............
    Pertama ...................
    Provinsi ......................
    kota Indonesia ........................
    Jumlah ......................
    Durasi ......................... pengembalian

    Untuk info lebih lanjut hubungi saya di alamat email saya: peterdaniela556@gmail.com

    NB: Harap dicatat ada terlalu banyak penipuan dalam penawaran pinjaman antara tertentu hari ini dan juga mempublikasikan anarqueures pada semua situs dan telah pulang ke rumah jika mereka menipu ladang mereka saja.

    BalasHapus