Pilkada Pamekasan Penuh Liku, Tetapi Lancar


Tim pemenangan Calon Bupati Pameka­san, Khalilurrahman-Masduqi temukan ok­num KPPS yang membagi uang saat pe­nyerahan undangan pemilihan kepada war­ga di Kecamatan Batumarmar.
Haril Utama, Rabu (09/01/2013), me­ngatakan temuan kini masih terus didalami untuk selanjutnya diserahkan ke Panitia Pengawas Pilkada.
Menurut Haril, oknum KPPS itu mem­ba­gi­kan uang mengatasnamakan Khalilur­rah­man-Masduqi. Padahal, timnya merasa tidak pernah mengintruksikan untuk mem­berikan uang tersebut. Haril sendiri men­duga oknum KPPS itu mendapat instruksi atau dorongan dari lawan Khalilurrahman-Masduqi.
Sementara Zaini, Ketua Panwas Pame­kasan telah menginstruksikan panitia peng­awas di Kecamatan Batumarmar untuk se­ce­patnya menyelidiki dugaan “money politik” ini.
Sebanyak 642.808 pemilih akan me­nentukan siapa Bupati Pamekasan dalam periode lima tahun mendatang. Sayekti, Anggota KPU Jatim langsung sekaligus Koordiantor Wilayah KPU Pamekasan, mengatakan pemilihan kepala daerah di Pamekasan secara serentak dilakukan di 1582 tempat pemungutan suara (TPS).
Dalam pilakada ini, tiga pasang calon bertarung yaitu pasangan nomor urut 1. Al Anwari-Holil (AHO) didukung Partai Repu­blikan (1 kursi Parlemen) dan 15 parpol non-parlemen. Sedangkan pasangan nomor urut 2. Khalilurrahman-Muhammad Masduqi (KOMPAK) yang didukung Demokrat (5 kursi), PPP (8 kursi), PAN (4 kursi), PKS (1 kursi) dan Partai Hanura. Sementara pa­sangan nomor urut 3. Achmad Syafii-Kholil Asyari (ASRI) yang diusung PKB (5 kursi), PBB (5 kursi), Partai Golkar (5 kursi), Ge­rindra (2 kursi), PBR (3 kursi), PDIP (2 kursi) dan PKNU (4 kursi).
Sesuai tahapan, seluruh proses penco­blosan akan di tutup pada pukul 13.00. se­telah itu, langsung dilakukan proses peng­hitungan suara manual di seluruh TPS. Re­kapitulasi di tingkat PPS atau desa dilakukan pada tanggal 10 Januari, dan rekapitulasi di tingkat PPK atau Kecamatan dilakukan pada tanggal 11 Januari.
Sekedar diketahui, proses pilkada di Pa­me­kasan ini sempat diwarnai dengan pemecatan lima anggota KPU Pamekasan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Pemecatan ini adalah imbas dari pencoretan yang dilakukan KPU terhadap pasangan nomor urut 3 yaitu Achmad Syafii-Halil (ASRI). Pencoretan dilakukan karena perbedaan nama pada Halil, sedangkan nama sebenarnya adalah Kholil Asyari. Padahal keputusan Pengadilan Negeri Pa­mekasan jelas menyatakan bahwa Halil dan Kholil Asyari adalah orang yang sama. Akibat pemecatan ini KPU Jatim terpaksa meng­ambil alih seluruh tahapan pilkada di Pa­mekasan.
Sebanyak 2048 personel gabungan diterjunkan untuk mengawal pelaksanaan pe­milihan kepala daerah (pilkada) Pame­kasan yang digelar (09/01/2013). Personel sejumlah itu merupakan gabungan dari Brimob Polda Jatim, Personel dari Polres Pa­mekasan, Bangkalan, Sampang, Sumenep, Polrestabes Surabaya, Polres KPPP Tanjung Perak, Sidoarjo, dan Gresik.
Untuk personel Brimob ada 900 dari Polda Jatim dan 125 dalmas Sabhara Polda” kata AKBP Nanang Chadarusman.
Untuk pengamanan TPS, setidaknya deiterjunkan satu TPS dibantu linmas untuk TPS yang dianggap rawan. Sedangkan TPS dengan kerawanan sedang deitrjunkan satu polisi untuk berjaga di dua TPS. Sementara untuk daerah yang dianggap aman diterjunkan satu polisi untuk tiga TPS.
Wima Edi Nugroho, Direktur lembaga research strategy and political consulting, Proximity, memastikan kemenangan pa­sangan urut 3, Achmad Sayfii-Kholil Arsyari karena figur keduanya bisa dietrima ma­syarakat Pamekasan.
Apalagi Achmad Syafii adalah mantan bupati era 2003-2008, dan saat ini menjadi anggota DPR RI dari fraksi Demokrat. Sementara Kholil Asyari adalah ketua DPRD Pamekasan dari PPP.
Dalam pilkada kali ini, pasangan Achmad Syafii-KholilAsyari didukung oleh Demokrat, PPP, dan PAN. Sekedar diketahui, dalam pilkada kali ini, pasangan nomor urut 2 Kho­lilurrahmann-Masduqi yang diusung PKB, PBB, Golkar, PBR, dan PDIP kalah.
Hasil hitung cepat yang digelar lembaga reseach strategy and political, Proximity, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, nomor urtu 3, Achmad Syafii-Kholil Asyari memenangkan Pilakada Pame­kasan dengan meraih 53,76% suara.
Sedangkan pasangan incumbent atau pasangan dengan nomor urut 2, Khalilurrah­man-Muhammad Masduqi mendapatkan 44,71% suara. Sementara pasangan nomor urut 1 yaitu Al Anwari-Kholil hanya menda­patkan 1,53% suara. dari hitung cepat ini juga diketahui pasangan nomor urut 2 hanya memenangkan di tiga kecamatan yaitu Kadur, Batumarmar, dan Pasea. Sedangkan 10 kecamatan sisanya seluruhnya dime­nang­kan oleh pasangan nomor urut 3. Dari hitung cepat ini juga diketahui jika partisipasi pemilih di Pamekasan mencapai 71,01%. Artinya angka golput sebesar 28,99%. (sas)


0 komentar:

Poskan Komentar